Mesin Pencari Selain Google dan Perbedaannya

Mungkin sebagian besar dari kita selama ini hanya mengenal Google sebagai mesin pencari, tahukah Greader ternyata masih banyak mesin pencari lainnya yang hampir memiliki manfaat yang sama dengan Google. Berikut beberapa mesin pencari selain Google :

  • Bing

Tidak seperti google yang serba putih, layanan mesin pencari Microsoft selalu memasang latar belakang foto alami yang menakjubkan. Diluncurkan empat tahun lalu, layanan ini mengganti namanya tiga kali, dari live search, windows live search, menjadi MSN search. Bing menampilkan pencarian untuk tautan situs, gambar, video dan berita. Tetapi tidak ada fitur seperti grafik pengetahuan.

  • Yahoo!

YAHOO! Telah menjadi raja situs pencarian melalui tampilan direktori ketika diluncurkan pada tahun 1995. Didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo, yahoo! Telah identic dengan internet itu sendiri dan menjadi portal pertama yang diketahui banyak orang. Pada tahun 2009, setelah diambil alih oleh google, yahoo! Bekerja sama dengan Bing sebagai mesin pencari. Mulai februari tahun ini, Yahoo! Merombak mesin pencari dan mengembangkan interest Graph search, yang pertama kali muncul dalam bentuk yang berbeda, fitur umpan berita di halaman utama.

  • Baidu

Baidu merupakan mesin pencari yang dikembangkan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Xu dengan memanfaatkan rumus algoritma yang mirip dengan google, yaitu peringkat halaman. Sekedar informasi bahwa  mesin pencari ini digunakan di jepang dan cina. Selain mampu mencari situs, mesin ini juga bisa mencari gambar, video, dan lagu dalam format MP3. Setelah itu, perusahaan mengembangkan ponsel bermerek changhong, dimana memasang layanan mesin pencari ini pada perangkat mereka.

  • Yandex

Yandex ini Greader merupakan layanan mesin pencari rusia yang lahir lebih awal setahun dari google. Pendirinya adalah Arkady Volozh, yang juga merupakan CEO; Arkady Borkovsky; dan Ilyas segalovich. Perusahaan ini Greader berbasis di Moskow, Rusia, serta mampu melayani pencarian dalam beberapa bahasa, seperti inggris, jerman, prancis, dan beberapa bahasa eropa lainnya.

  • Facebook

Meskipun lahir sebagai situs jejaringan sosial, layanan ini juga menyediakan mesin pencari beta yang disebut pencarian grafik sosial. Diluncurkan bulan lalu, layanan ini telah dikembangkan sejak pertengahan tahun lalu. Secara internal, karyawan facebook dapat menggunakan disebut Unicorn, yang menekankan hubungan antara pengguna dan aktivitas yang dipublikasikan. Misalnya posting yang ditandai dengan kode “suka”. Dengan lebih dari 1 miliar orang, layanan mesin pencari ini akan menjadi pesaing kuat google.

  • Naver

Naver hanya memiliki persentase kecil dalam hal pangsa pasar global. Namun, Naver memiliki basis besar di pasar domestik, korea selatan. Berkat algoritma yang menggunakan bahasa morea, never memiliki hasil yang jauh lebih baik daripada google. Ini juga karena sintaksis korea sangat berbeda dari bahasa inggris.

  • Aks

ASK juga disebut ‘Ask Jeeves’. Ask adalah perusahaan induk tujuan web terkenal seperti ask for kids, bloglines, dan Teoma. Halaman utama Ask memiliki tampilan yang sederhana dan efisien. Mesin pencari ini dapat merespons pencarian berdasarkan pertanyaan, frasa, atau kata. Ask memiliki fitur jawaban cerdas yang dapat membantu anda menemukan hasil instan dan factual di antara banyak temuan.

  • Dogpile

Dogpile adalah mesin pencari meta informasi di world wide web yang hasilnya dikumpulkan dari berbagai mesin pencari seperti google, yahoo!, yandex, dan sejumlah mesin pencari popular lainnya. Diluncurkan dari halaman lifewire, mesin ini mampu menemukan 50 persen lebih banyak web daripada mesin manapun.

  • DDG (Duckduckgo)

DDG menekankan perlindungan privasi pencari, mengurangi pelacakan pengiklan, menghindari filter gelembung, dan membatasi profil data

  • Aol (Ameriks Online)

Pencarian AOL adalah mesin pencari yang didukung oleh BING. AOL menyetujui hubungan strategis 10 tahun dengan microsoft pada 2015 dengan memperluas cakupan iklan AOL. Sekarang, Bing adalah penyedia pencarian web untuk pencarian AOL mulai 1 januari 2016.

 

Penulis : Julia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...