5 Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Programmer

Aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang digunakan seseorang untuk keperluan tertentu seperti berbelanja dan sebagainya. Ada banyak jenis aplikasi seperti aplikasi computer dan android. Untuk game juga termasuk kedalam aplikasi karena game suatu perangkat lunak yang bersifat menghibur.

Bagi seorang programmer aplikasi adalah suatu alat yang sangat di perlukan dalam membantu dan membuat sebuah program, tanpa aplikasi sendiri seorang programmer tidak bisa membuat sebuah program.

Untuk aplikasi sendiri sebenarnya sudah banyak yang tersedia di internet baik itu yang prabayar ataupun yang gratis, nah karena banyaknya itu kita akan kasih tau apa saja aplikasi yang perlu di miliki seorang programmer.

1.Notepad ++

Bagi kalian seorang programmer semuanya pasti sudah mengetahui aplikasi ini, memang aplikasi ini sangat di sukai oleh programmer karena dalam penggunaannya sangat mudah .

Bukan hanya itu saja aplikasi ini juga memberikan banyak sekali format bahasa pemrograman seperti html, php, css, javascript dan masih banyak lagi, selain itu banyak juga fitur dari aplikasi notepad ini seperti pembagian warta teks, penentuan bahasa, dan penempatan fungsi  yang membuat aplikasi ini menjadi pilihan banyak programmer untuk membuat sebuah program.

Aplikasi ini juga di buat secara gratis sehingga kamu bisa mendownloadnya secara gratis tanpa harus membayar.

2.Xampp Control Panel

Untuk seorang programmer terutama pengguna koding jenis server side tentu saja sangat sulit untuk melihat hasil akhir dari apa yang di kerjakan sangat sulit, hal ini dikarenakan koding jenis server side tidak bisa di baca tanpa menggunakan server web seperti apache dan Nginx. Nah untuk membuat server web sendiri kalian harus terlebih dahulu menginstall dan mengkonfigurasinya terlebih dahulu di system operasi linux, tentu hal ini menjadi kendala dalam pembuatan program web php.

Jadi untuk kalian programmer php tidak perlu repot lagi mengistall linux, konfigrasi dan sebagainya karena kalian bisa membuat program php dengan mudah menggunakan  aplikasi xampp. Aplikasi ini memiliki banyak sekali kelebihan dan fitur seperti Apache, Mysql, Filzilla, tomcat dan masih banyak lagi.

3.Sublime text

Selain notepad ++ aplikasi text editor yang wajib kalian miliki selanjutnya adalah sublime text, aplikasi text editor ini memiliki keunggulan sendiri dimana penggunanya dapat merasakan kenyamanan dalam membuat sebuah program. Selain itu aplikasi ini juga memiliki 3 versi yaitu sublime text  1,2,3 yang tentu saja salah satunya memiliki fitur yang berbeda-beda.

4.Dreamweaver

Bagi kalian yang kurang ahli dalam membuat sebuah web site aplikasi ini adalah aplikasi yang paling wajib kalian miliki karena di aplikasi ini untuk membuat sebuah website kelian tidak memerlukan banyak kegiatan ngoding.

Aplikasi ini juga banyak di gunakan karena penggunaannya tidak ribet dan mudah dan juga aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti web view yang di mana kalian bisa melihat hasil dari web yang kalian buat secara langsung tanpa harus menggunakan aplikasi secara langsung.

Dengan aplikasi ini kalian juga bisa membuat sebuah design web content management system seperti blogger dan wordpres karena aplikasi ini menyediakan banyak pilihan bahasa pemrograman  seperti html, php dan xml.

5.Mozilla Firefox

Pasti bagi kalian aplikasi ini sudah tidak asing lagi karena memang menjadi aplikasi yang paling sering digunakan untuk Searching dan membuka web browser. Untuk seorang programmer aplikasi ini sangat wajib di miliki karena sangat mendukung banyak fitur seperti support ftp server, javascript dan masih banyak lagi. Ada banyak fitur yang dimana monzilla firefox memiliki keunggulan sendiri di bandingkan aplikasi lain sehingga monzilla seringkali di jadikan sebagai pilihan oleh seorang programmer.

Itulah 5 aplikasi yang wajib di miliki oleh seorang programmer  yang bisa kalian gunakan untuk aktivitas programming , semoga   bermanfaat .

 

Penulis : Firman

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...