Perkembangan Teknologi Membuat Pekerjaan Ini Terancam Punah

Perkembangan Teknologi Membuat Pekerjaan Ini Terancam Punah

  2019-01-10 16:33:39     Ulti Desi Arni     Dibaca 22 kali

Hadirnya teknologi kian berkembang dan selalu mengalami pembaruan mempengaruhi kehidupan manusia. Selain itu, teknologi memberi kemudahan di segala aspek kegiatan dan pekerjaan. Terlebih lagi di era yang menuntut segalanya dilakukan dengan cepat dan efisien.

Kecanggihan teknologi memang memberi keuntungan bagi pelaku usaha sebab tidak butuh biaya yang besar dan dapat menghemat waktu. Namun di sisi lain, ternyata teknologi justru memberi ancaman bagi sejumlah bidang pekerjaan yang sejak lama dilakoni secara manual dan membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah banyak. Hal ini disebabkan pengusaha banyak beralih pada teknologi untuk melakukan berbagai pekerjaan sehingga dapat menghemat pengeluaran dan waktu.

Lantas, bidang pekerjaan apa saja yang terancam akibat kehadiran teknologi?

  1. Pengantar Surat

Dahulu, pengantar surat merupakan profesi yang sangat dibutuhkan dan perannya sangat penting. Namun, seiring perkembangan teknologi yang didukung kecepatan internet secara perlahan telah menggantikan peran pengantar surat.

Teknologi yang memudahkan seakan mengancam pekerjaan pengantar surat. Sebab saat ini, siapa saja dapat berkirim surat melalui teknologi media digital, salah satunya email. Berkirim surat melalui email belakangan dinilai lebih efektif dan murah. Selain itu, proses penyampaian surat berlangsung lebih cepat sehingga tidak butuh waktu berhari-hari.

  1. Pengantar Koran

Kebutuhan akan informasi membuat pengantar koran menjadi profesi penting di tengah masyarakat. Namun kini, teknologi dan internet perlahan telah menggeser profesi pengantar koran.

Kini, setiap orang dapat mendapatkan informasi hanya dengan satu klik di internet baik itu melalui komputer dan internet. Tak heran jika saat ini, secara perlahan pengantar koran atau penjual koran kian sedikit. Jika dahulu setiap lampu merah selalu ditemukan penjual koran, kini sudah jarang terlihat.

  1. Agen Perjalanan (Travel Agent)

Profesi selanjutnya yang terancam punah oleh kehadiran teknologi adalah agen perjalanan (travel agen). Teknologi telah memudahkan setiap orang yang ingin melakukan perjalanan.

Seseorang tidak perlu mendatangi agen perjalanan hanya untuk memesan tiket. Cukup melalui gadget seperti smartphone, kamu dapat memesan tiket dimana saja dan kapan saja. Bahkan, dapat sekaligus melakukan pemesan kamar hotel untuk menginap. Untuk itu, agen perjalanan tampaknya perlu berinovasi agar tidak tergusur oleh teknologi yang kian maju.

  1. Teller Bank

Satu lagi profesi yang terancam punah karena hadirnya teknologi adalah teller bank. Sebab saat ini, kamu tidak perlu mendatangi teller bank atau menunggu bank buka untuk melakukan penarikan uang atau pengiriman uang setelah adanya mesin ATM.

Melalui mesin ATM, kamu dapat melakukan penarikan atau penyetoran bahkan pengiriman uang kapan saja. Tak hanya mesin ATM, kamu juga dapat melakukan pembayaran dan melakukan transfer uang melalui mobile banking yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus mengantre.

  1. Kasir

Kemajuan teknologi tampaknya juga mengancam kehadiran profesi kasir. Orang-orang saat ini tidak perlu mendatangi toko atau supermarket untuk membeli sesuatu. Sebab, pembelian dan pembayaran dapat dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi seperti smartphone dan komputer.

Terlebih lagi, kini sudah banyak toko online terpercaya yang menjual berbagai kebutuhan. Dengan begitu, pembeli cukup memesan, membayar dan barang akan langsung diantar ke alamat. Sebab itu, profesi kasir kian terancam karena pembayaran dapat dilakukan secara digital.

  1. Buruh Pabrik

Saat ini banyak perusahaan terutama yang bergerak di bidang industri berinovasi dan beralih pada mesin untuk menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan. Hal ini tidak menutup kemungkinan profesi buruh pabrik terancam akan kehadiran teknologi. Sebab, hadirnya mesin pabrik lebih cepat dan akurat sehingga dapat meminimalkan kebutuhan akan sumber daya manusia. Tak heran jika, pekerjaan buruh pabrik terancam punah.

  1. Operator Telepon

Operator telepon menjadi profesi yang terancam punah seiring perkembangan teknologi. Terbukti,  saat ini posisi operator telepon banyak digantikan oleh mesin dan robot penjawab telepon yang dapat bertugas setiap saat selama 24 jam.

Mesin atau robot penjawab telepon ini sudah menjadi pilihan beberapa perusahaan karena dapat menghemat anggaran yang dikeluarkan untuk membayar gaji sumber daya manusia.

Kendati beberapa profesi terancam tergantikan oleh teknologi seperti mesin dan robot, sejauh ini masih ada pekerjaan yang tak akan pernah tergantikan dan hanya dapat dilakukan manusia. Diantaranya, dokter, auditor, dan programmer. Sebab, dibutuhkan skill atau keterampilan yang tidak dimiliki mesin atau robot untuk melakukan pekerjaan tersebut.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia