Tips dan Strategi Marketing Bisnis Anda Melalui Instagram

Tips dan Strategi Marketing Bisnis Anda Melalui Instagram

  2019-01-08 17:13:28     Ulti Desi Arni     Dibaca 31 kali

Kehadiran internet telah memberi dampak positif untuk menunjang segala aktivitas manusia, termasuk dalam bidang usaha. Sebelumnya pemasaran produk atau jasa dilakukan secara manual dengan mengandalkan jasa sales, namun kini banyak pelaku usaha kecil hingga perusahaan memanfaatkan media digital untuk memasarkan produk atau jasa.

Terlebih lagi, saat ini media sosial setiap hari dikunjungi penggunanya untuk sekedar mengekspresikan diri hingga menunjukkan karyanya, baik itu dalam bentuk, foto, gambar, hingga video. Hal ini ternyata memberi peluang bagi pelaku usaha kecil hingga besar untuk menarik konsumen agar membeli dan menggunakan produk atau jasa yang dipasarkan.

Salah satu media yang saat ini paling berpengaruh untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualan produk atau jasa adalah Instagram. Instagram merupakan aplikasi berbagi foto hingga video bahkan memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, membuat video, menerapkan filter digital untuk kemudian dibagikan ke berbagai jejaring sosial lainnya.

Hingga saat ini, menjadi sosial media yang dipilih terutama bagi generasi muda. Inilah yang menjadikan alasan para pebisnis memanfaatkan Instagram untuk memperkenalkan dan mengembangkan brand dari usahanya. Selain itu, memasarkan produk atau jasa melalui Instagram dinilai lebih efektif dan murah karena mampu menjangkau konsumen dari berbagai daerah dengan biaya sedikit.

Kendati begitu, dibutuhkan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan konsumen terhadap produk dari jasa yang dipasarkan. Berikut tips dan strategi marketing bisnis melalui Instagram.

Saat ini Instagram memiliki fitur yang mendukung pebisnis mengembangkan usahanya. Yakni Instagram Bussiness Profile. Dengan mengubah Instagram ke Instagram Bussiness Profile dapat memudahkan konsumen untuk menghubungi Anda.

Instagram Bussiness Profile dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan dan memungkinkan untuk menyusun strategi marketing bisnis Anda, antara lain:

Insight

Instagram dengan profil bisnis juga memungkinkan Anda untuk melihat Insight dan memudahkan dalam melakukan promosi. Insight membantu Anda untuk mengetahui informasi terkait followers Anda dan mengetahui postingan yang paling besar menjangkau dan engagement konsumen.

Dengan adanya informasi terkait konsumen tersebut, Anda dapat mengenal lebih tentang perilaku dan demografis audiens Anda. Sehingga, Anda dapat membuat konten yang lebih relevan dan sesuai dengan audiens untuk menarik konsumen.

Promote

Fitur selanjutnya adalah promote. Promote pada Instagram Bussiness Profile memberikan kemudahan bagi Anda untuk membuat postingan sebagai iklan atau ads di Instagram. Dengan Ads, Anda akan terhubung dengan konsumen. Caranya, cukup memilih postingan yang sudah Anda bagikan di Instagram dan menambahkan action button.

Selain itu, Anda dapat memilih audiens sebagai target konsumen dari produk atau jasa Anda. Selanjutnya, Instagram akan mempromosikan postingan Anda dalam bentuk iklan selama periode yang sudah Anda tentukan.

Fitur-fitur tersebut dapat memudahkan dalam menjangkau konsumen untuk produk atau jasa dari bisnis Anda. Anda juga dapat memahami audiens dan menyesuaikan konten serta melakukan perbaikan pada strategi pada marketing bisnis Anda.

Lalu bagaimana mengubah Instagram ke Instagram Bussiness Profile.

Pertama, buka setting atau edit profile pada Instagram dan klik Switch to Bussines Account. Setelah sukses, akun Instagram Anda akan berubah menjadi akun bisnis. Selanjutnya, sertakan informasi terkait bisnis Anda, seperti jenis atau kategori bisnis hingga nomor telepon dan lainnya yang memungkinkan konsumen dapat menghubungi Anda dengan mudah.

Untuk memudahkan akun Instagram Anda ditemukan, sebaiknya gunakan nama akun atau username yang sama dengan sosial media lainnya yang Anda gunakan untuk memasarkan produk atau jasa..

Kemudian, sertakan pula bio yang menjelaskan terkait bisnis Anda dan kemudahan-kemudahan yang Anda berikan untuk konsumen. Anda juga dapat menambahkan hashtag branded yang bisa Anda gunakan saat melakukan promosi, memperkenalkan produk atau membuat kuis hingga event. Hashtag dinilai mampu menggiring konsumen untuk mengetahui bisnis serta produk atau jasa yang Anda pasarkan.

Akun Instagram yang sukses melakukan marketing bisnis adalah akun yang mampu mempertahankan eksistensinya. Untuk itu, Anda harus aktif untuk memposting foto atau video di Instagram, setidaknya sekali dalam sehari.

Demikian tips dan strategi untuk memaksimalkan marketing bisnis Anda melalui Instagram. Instagram adalah media digital yang memanfaatkan visual, sehingga Anda dituntut untuk membuat konten yang menarik dan konsisten yang disertakan dengan caption menarik pula.

Kemudian, tak ada salahnya untuk memanfaatkan Insta Story untuk mempromosikan brand bisnis Anda. Selanjutnya, Anda dapat bekerja sama dengan influencer yang relevan dengan merek atau kategori bisnis Anda untuk membangun hubungan.

Bagaimana? Tertarik untuk mengembangkan marketing bisnis Anda melalui Instagram?

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia