Contoh Penerapan Cloud Computing

Penerapan Cloud Computing

  1. Penerapan cloud computing pada bidang bisnis

Penggunaan teknologi komputasi awan di sejumlah perusahaan bisnis besar dalam pemakaian nya sebagai disaster recovery planning menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam kelangsungan usaha yang dikerjakan oleh perusahaan tersebut, terlebih jika perusahaan tersebut memakai platform web dimana tingkat privasi dan security dari data perusahaan menjadi persoalan yang utama. Terlebih Lagi jika terjadi suatu masalah di perusahaan tersebut, perusahaan harus tetap menjalankan roda usahanya meskipun sudah terkena atau sedang di landa masalah atau bencana. Masalah bisa berbentuk sejumlah hal misalnya kerusakan pada jaringan listrik dikarenakan oleh sistem elektrik, serangan teroris dikarenakan oleh lemahnya keamanan fisik dan non fisik data center, sistem atau perangkat yang rusak berhubungan dengan kesalahan manajemen pengawasan perangkat, kesalahan operasional disebabkan ulah manusia, virus contohnya dikarenakan oleh kesalahan pemilihan anti bakteri yang dipakai.

  1. Penerapan cloud computing pada bidang pemerintahan

Komputasi awan ini Greader dalam pemerintahan atau istilah bekennya E-Government bisa menolong para staff di bidang pemerintah untuk memberikan pelayanan yang lebih baik ke masyarakat. Pemerintah dalam negara Indonesia sendiri Greader sudah menggunakan cloud computing.

Contoh paling utama yaitu sebagai penyediaan sumber informasi. Badan penelitian dan pelaksanaan teknologi (BPPT) Greader, sudah menyediakan layanan cloud computing sebagai layanan jasa alih daya pengelolaan TIK untuk instansi pemerintahan. Layanan ini berguna untuk bisa membuat percepatan e-government, sebab memungkinkan pemakai pemerintah berkonsentrasi dalam memberikan layanan dan tidak di bebani dengan konfigurasi maupun pemilihan perangkat teknologi informasi.

Selain itu instansi pemerintah seperti badan pengawas tenaga nuklir dan kementrian riset dan teknologi juga telah memakai teknologi ini. Dengan begitu, sesuai kalkulasi balai ipteknet pemakaian layanan jasa cloud computing bisa menghemat biaya hampir 50% disbanding dengan menyiapkan infrastruktur dan SDM sendiri yang mencapai  ratusan juta rupiah. Keamanan sistem menjadi  pengutamaan layanan komputasi awan yang di cukupi firewall, VPN dan security operating centre yaitu perangkat lunak canggih untuk mengerjakan pengamatan dan pemilihan deteksi dini terhadap seluruh paket yang melewati jaringan. Sehingga apabila terjadi ancaman dan serangan dapat dikerjakan tidak lanjut dan penanganan.

  1. Penerapan cloud computing pada bidang militer

Bidang pertahanan dan keamanan juga termasuk dalam salah satu kegunaan komputer di sejumlah bidang. Dengan adanya komputer, setiap negara dapat memperkokoh deretan pertahanan dari serangan luar. Peralatan canggih yang ada Greader bisa digunakan untuk bertahan dan menyerang juga dapat dijalankan oleh komputer. Di bidang militer komputer dipakai untuk menjalankan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam, untuk mengerjakan simulasi peperangan, dan melalukan pengiriman sandi rahasia militer.

Negara maju seperti amerika telah dilengkapi   dengan property satelit yang dijalankan dari bumi, untuk menyelidik serta menggambarkan keadaan di permukaan bumi, pada perang dunia II dan yang terakhir dengan irak, amerika memakai jaringan inteligen yang di cukupi dengan teknologi komputer dan informasi modern sehingga dapat mengalahkan lawannya.

  1. Penerapan cloud computing pada bidang kesehatan

komputasi awan bisa dilakukan pada sejumlah bidang, salah satu nya yaitu bidang kesehatan. Sekarang ini ada salah satu teknologi yang sedang dibangun dalam bidang kesehatan yaitu telemedicine.

Telemedicine merupakan pelayanan kesehatan jarak jauh, teknologi ini memungkinkan dokter berkomunikasi dengan pasien untuk melakukan bermacam layanan pengobatan dengan media internet. Telemedicine juga di diartikan sebagai pengirim data medis elektronik dari satu tempat ke tempat lainnya.

Telemedicine bisa diartikan sebagai alat yang bisa menolong banyak orang dengan bermacam masalah kesehatan. Sangat banyak kegunaan yang di promosikan dalam pemakaian telemedicine, seperti halnya efektifitas waktu, biaya dan tenaga, yaitu pasien tidak perlu untuk jauh dating ke rumah sakit yang menguras tenaga dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk membicarakan masalah kesehatan dengan dokter, cukup dengan menggunakan teknologi informasi seperti hanya email atau bahkan video conference dan lainnya.

 

Penulis : Julia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...