Unsur-unsur Warna Desain Grafis

Warna itu Greader dapat kita defeniisikan secara objektif/fisik sebagai sifat cahaya yang bisa di pancarkan atau secara subjektif pisikologis yaitu bagian dari pengalaman indra penglihatan. Cahaya yang ditangkap oleh indra manusia itu Greader mempunyai panjang gelombang 380 sampai 780 nanometer. Cahaya antara dua jarak nanometer tersebut dapat di urai melalui prisma kaca menjadi warna pelangi yang disebut spectrum atau warna cahaya, mulai berkas cahaya warna ungu, biru, hijau, jingga, dan merah.

Desain merupakan sebuah sistem yang berguna untuk semua jenis perancangan yang mana titik beratnya dilakukan dengan melihat semua sesuatu persoalan dan tidak secara terpisah atau tersendiri Greader, namun sebagai suatu kesatuan dimana suatu masalah dengan lainnya saling berkaitan. Disisi lain Greader, desain juga bisa diartikan sebagai perencanaan dalam pembuatan suatu objek, sistem, komponen, dan struktur.

Namun dari sisi lainnya desain juga di definisikan secara khusus, dimana desain yaitu suatu yang saling berkaitan dengan kegunaan atau fungsi benda dan ketetapan pemilihan serta memperlihatkan segi keindahan. Desain grafik juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. Sebagai media informasi dan komunikasi.
  2. Sebagai media pemasaran/promosi.
  3. Untuk bisa mengapresiasikan seni dan kreativitas.
  4. Menjadikan suatu hobi dalam suatu pekerjaan.

Desain juga memiliki beberapa unsur yang di butuhkan untuk menghasilkan suatu desain yang indah dan sempurna, berikut adalah unsur-unsur tersebut:

  1. Garis (line)

Garis yaitu sambungan satu titik dengan titik yang lainnya. Garis juga bisa di artikan sebagai suatu goresan yang memanjang, garis merupakan elemen satu dimensi yang tidak memiliki ketebalan dan ukurannya.

  1. Bidang (shape)

Bidang yaitu segala bentuk apapun yang memiliki isian atau dalam bentuk seperti kubus, segitiga, lingkaran, dan lain sebagiannya dengan bentuk yang beragam.

  1. Tekstur (texture)

Tekstur yaitu nilai keras dan lembutnya sebuah gambar yang bisa di lihat dalam bentuk kasar ataupun halusnya untuk memperindah visual dan digunakan untuk memberikan kontras pada warna serta  keseimbangannya.

  1. Ruang (scape)

Ruang yaitu jeda antara satu elemen dengan elemen lainnya untuk menambahkan nilai estetika atau jarak antar sebuah bidang agar terdapat jeda istirahat yang bisa membuat bentuknya lebih mudah di pandang mata.

  1. Ukuran (size)

Ukuran yaitu suatu tolak ukur besar kecilnya suatu objek dan berfungsi untuk mendefinisikan suatu ukuran untuk sebuah objek yang pantas di tonjolkan dan disamarkan supaya memiliki nilai yang tinggi.

  1. Warna (colour)

Warna yaitu elemen yang berguna sebagai penambah nilai keindahan dan daya tarik pada sebuah desain, warna biasanya berfungsi untuk memperindah atau mempercantik desain. Pemberian warna pada desain akan menambah nilai dan kualitasnya makin tinggi.

Unsur-unsur Warna CMYL dan RGB

CMYK

CMYK yaitu sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan yang umum di pergunakan dalam pencetakan berwarna. Untuk membuat gambar yang hasilnya sempurna (relative) di butuhkan Tinta Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Semua tinta itu disebut sebagai Tinta/Warna Proses. Tinta Warna itu Greader merupakan tinta yang digunakan untuk memproduksi warna dengan proses cetak tertentu, seperti: offset lithography, rotogravure, letterpress atau sablon. Berbeda dengan Tinta yang hanya digunakan satu lapisan (single layer) Greader, karna tinta yang digunakan dapat ditumpuk-tumpuk, maka sifat Tinta proses harus memenuhi standard tertentu

RGB

RGB ini Greader merupakan singkatan dari red-green dan blue. RGB yaitu warna yang digunakan sebagai pencahayaan yang dapat digunakan untuk input device dan output device. Seperti monitor, kamera, handphone, dll. Apabila warna RGB dicampurkan maka akan menghasilkan berbagai warna lain terutamanya warna putih yang menjadikan warna RGB menjadi warna pencahayaan yang dapat di gunakan pada barang elektronik monitoring.

 

Penulis : Kelvin

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...