Google Form Tambahkan Fitur Baru untuk Validasi Informasi

Google Form Tambahkan Fitur Baru untuk Validasi Informasi

  2018-12-07 16:53:23     Ulti Desi Arni     Dibaca 5 kali

Saat ini Greader mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya Google, mulai dari mereka yang tinggal di kota hingga di pelosok sekalipun sudah mengetahui dengan Google ini. Hampir setiap harinya perusahaan raksasa ini mengeluarkan aplikasi maupun fitur-fitur baru untuk setiap produknya.

Sebagian besar masyarakat beranggapan dengan adanya si mbah google ini sangat membantu dan banyak sekali keuntungan yang dirasakan. Karena era saat ini adalah eranya teknologi, dimana pertumbuhan teknologi semakin hari semakin pesat dan menuntut kita untuk ikut serta dalam perkembangan tersebut. Dimana semua aktivitas dan proses kerja juga harus dituntut serba cepat.

Di era modern dan serba canggih ini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakt google memiliki cara tersendiri melalui produknya. Kita misalkan ada Google Drive  merupakan sebuah fitur yang memiliki fasilitas untuk kita bisa menyimpan berkas, Photos adalah fitur yang digunakan untuk memanajemen foto, sedangkan yang bisa menggantikan Ms. Word adalah Google Docs, ada Google Kalender untuk mengantur jadwal dan juga Google form yang merupakan sebuah fitur google yang mampu mengumpulkan informasi berupa formulir survey atau untuk form pendaftaran layanan tertentu.

Fitur-fitur google tersebut sebenarnya sudah lama tersedia dan bisa kita manfaatkan, namun kini google menambah inovasi baru pada layanan Google Form. Dimana pada Google Form kini dirancang untuk membantu untuk proses validasi informasi

Diatas sebelumnya sudah kita singgung bahwa Google Form ini adalah sebuah layanan yang dimiliki google dalam bentuk formulir. Dengan Google Form kita bisa mengirimkan formulir penilaian, atau pendaftaran sebuah kegiatan.

Bisa dikatakan bahwa Google Form ini adalah layanan yang bisa mengumpulkan informasi yang kita butuhkan dengan mudah, efesien dan gratis. Dalam membuat formulir di Google pun sangat mudah, karena dengan tombol-tombol yang disediakan pada google form kita bisa berkreasi sendiri.

Banyak fitur yang ada pada Google Form, namun salah satu fiturnya memiliki kelebihan yaitu fitur valiadasi untuk smartphone dimana secara otomatis memintakan orang yang mengisi formulir untuk menginputkan data dengan benar.

Contohnya : Google akan menyarankan untuk mengisi alamat mail dengan benar apabila kita diminta menginputkan alamat email saat mengisi formulir. Selain itu apabila meminta url sebuah website, google akan memeriksa apakah yang diisikan sudah benar atau belum.

Selain itu, dengan google form kita juga bisa menerima dan menyimpan unggahan dokumen atau berkasi yang diminta sebagai persyaratan dari pengguna dluar domain dengan ketentua bahwa kedua belah pihak harus sama-sama  memberikan hak akses.

Fitur lainnya yaitu Checkbox grid yang merupakan pertanyaan baru dimana responden bisa memilih opsi dan fitur ini juga bisa digunakan untuk menanyakan tentang waktu (jam, hari, tanggal).

Menggunakan google form tentu saja akan mempermudah para pengguna dengan memberikan pilihan pada formulir yang dibuat. Apabila form yang kita miliki sama dengan google form bisa kita manfaatkan untuk semua form tersebut sehingga kita akan lebih mengehmat waktu. Baru-baru ini fitur terbaru dari google ini dirilis ke Rapid Release dan untuk semua pengguna edisi G-Suite akan mulai dipublikasikan.

Itulah beberapa fitur terbaru dari layanan Google Forms. Semoga bermanfaat.

 

#GarudaCyber23Desember


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia