Konsep Smart Parking

 

Smart parking merupakan perusahaan spin off dari bandung Techno park. Smart parking merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai keperluan anda dalam menyediakan peralatan parker. Software parker, hardware, integrasi sistem, dan jasa diskusi untuk administrasi perpakiran anda. Smart parking lebih efisien, karcis parkir dan lebih mudah dari sistem parking yang telah ada di pasaran. Sistem parking ini memakai teknologi RFID dimana kartu keanggotaan dipakai sebagai akses masuk dan keluar. Tentu saja ini akan memicu tidak dipakainya kertas sebagai karcis parker.

Sistem yang di sebarluaskan para engineer Indonesia di Bandung Techno Park ini berbentuk teknologi embedded system. Integrasi perangkat, penyelesaian administrasi dan perangkat lunak parker secara keseluruhan. Seiring kemajuan zaman dunia bisnis di bidang perpakiran, sistem ini mencoba memberikan penyelesaian teknologi yang inovatif bagi pengusaha pengusaha administrasi perpakiran di Indonesia untuk menjadi mitra usaha yang bisa digunakan.

Konsep dari smart parking merupakan memberikan layanan kepada pemakai kendaraan berbentuk penyajian informasi tentang lokasi kavling parker yang tersedia di suatu tempat serta informasi tentang lama waktu parker dan biaya yang harus dibayar.

Informasi akan diberikan ketika pemakai kendaraan memasuki tempat parker melewati gerbang masuk dan ketika pemakai kendaraan akan meninggalkan tempat parkir melewati gerbang keluar. Saat berada di gerbang masuk, pemakai kendaraan akan mendapatkan informasi melewati perangkat telepon seluler dengan isi informasi yang di beritahukan yaitu keterangan tentang tempat kavling parkir yang tersedia adalah nomor kavling parkir serta lokasi lantai, berupa tampilan teks dan gambar peta tempat. Saat berada di gerbang keluar, pemakai kendaraan akan mendapatkan informasi melewati perangkat telepon selular dengan isi informasi yang diberitahukan yaitu lama waktu parkir serta biaya yang akan dibayar.

Selama kendaraan berada di tempat parking, meski pemakai kendaraan sedang berada diluar area parkir atau di dalam gedung pertokoan atau perkantoran, pemakai kendaraan tetap bisa mendapatkan layanan sistem smart parking berupa notif yang memperlihatkan informasi lama waktu kendaraan sudah menempati kavling parkir, yang dikirimkan secara periodic setiap 1 jam. Layanan notif bisa di aktif atau dinonaktifkan sesuai kehendak pemakai

Solusi hemat waktu dana man saat parkir kendaraan

Tingginya tingkat mobilisasi masyarakat membuat ala transportasi menjadi keperluan hidup masyarakat. Jumlah kendaraan yang semakin bertambah setiap tahunnya dan jumlah lahan yang terbatas mengakibatkan permasalahan. Mulai dari jalanan yang macet hingga susahnya tempat parkir. Parkir menjadi salah satu problem bagi masyarakat yang bepergian terutama bagi yang memakai kendaraan pribadi.

Saat ini pencarian parkir dikerjakan dengan mengitari lahan dan melihat secara langsung spot mana yang kosong. Hal tersebut tentu menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Bermacam penyelesaian pun dibuat untuk kemampuan sistem parkir, mulai dari tempat terbuka, tertutup sampai vertical otomatis dengan robot. Tetapi itu semua dikerjakan jika tempat parkir tersebut memang belum dibuat, atau dengan kata lain masih berbentuk perencanaan pembuatan. Bagaimana dengan sistem parkir yang telah ada, namun ingin tidak menghabiskan banyak biaya untuk pembuatan ulang dan tetap dapat efisiensi? Untuk menyelesaikan hal tersebut, IoT hadir sebagai penyelesaiannya.

Dengan IoT, spot parkir bisa dilihat secara real time dengan hp. Sensor dan kamera yang terpasang di tempat parkir akan mengirimkan data ke pusat melewati internet secara berkala dan real time. Data tersebut kemudian dikirimkan kepada pemakai melewati perangkat lunak pada hp masing-masing. Spot parkir bisa dilihat dan dipesan sebelum pengendara memasuki tempt parkir.

 

Penulis : Julia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...