Cara Jitu Membuka Presentasi Biar Tampil Beda Dan Interaktif

Cara Jitu Membuka Presentasi Biar Tampil Beda Dan Interaktif

  2018-12-05 17:08:42     Ulti Desi Arni     Dibaca 12 kali

Saat Kita Ingin Melakukan Presentasi Di Depan Umum Atau Client, Point Pentingnya Terletak Pada Saat Kita Membuka Atau Mengawali Presentasi. Pada Saat Membukanya Kita Harus Bisa Mencuri Perhatian Audience Dan Tentu Saja Itu Akan Menjadi Hal Yang Sangat Menegangkan Dan Kita Sering Merasa Grogi Dalam Mengawali Presentasi.

Persoalannya, Kita Harus Membuat Kesan Pertama Yang Bagus Dalam Memulai Presentasi Untuk Menarik Di Mata Para Audiens. Jika Kamu Grogi Saat Memulai Presentasi Itu Akan Membuat Kamu Menjadi Kaku Dan Terkesan Tidak Bagus Saat Presentasi Sehingga Para Audiens Atau Client Akan Malas Mendengarkan Kamu Presentasi.

Untuk Mengatasi Hal Itu, Berikut Ini Beberapa Cara Jitu Yang Dirangkum Dari Berbagai Sumber Mengenai Teknik Membuka Presentasi Yang Bisa Kamu Pilih Biar Kamu Bisa Tampil Beda Dan Interaktif.

1. Langsung Menampilkan Gambaran Singkat Presentasi

Menyampaikan Inti Atau Point Penting Dalam Membuka Presentasi Bisa Dikatakan Cara Klasik. Mungkin Cara Itu Tidak Salah, Namun Bagi Para Audiens Dikarenakan Sudah Mengetahui Terlebih Dahulu Inti Materinya Di Awal Cara Itu Bisa Dikatakan Cukup Membosankan.

Akibatnya Antusias Audiens Bisa Saja Berkurang Karena Sudah Mengetahui Topik Sejak Awal. Cara Ini Terkesan Berjalan Satu Arah Dan Bisa Dibilang Kurang Komunikatif.

2. Mengutip Pernyataan Tokoh Terkenal

Dalam Memulai Atau Membuka Presentasi Kamu Bisa Mencoba Cara Yang Tidak Kaku, Misalnya Mengawali Dengan Menyampaikan Kutipan Pernyataan Para Tokoh Terkenal Yang Kamu Favoritkan Namun Harus Sesuai Dengan Tema Presentasi Kamu.

Contohnya Kamu Bisa Menggunakan Kutipan Dari Pernyataan Nelson Mandela Yang Berikut Ini :

“Nelson Mandela Yang Merupakan Mantan Dari Presiden Afrika Selatan Dimana Beliau Aktif Dalam Berbagai Gerakan Revolusi Pernah Berkata: Education Is The Most Powerful Weapon Which You Can Use To Change The World. Maksudnya Hanya Orang-Orang Berpendidikan Yang Mampu Mengubah Dunia.”

Mendengar Kutipan Ini Tentu Saja Audiens Akan Merasa Penasaran Dengan Apa Yang Kamu Sampaikan. Membuka Dengan Kutipan Tokoh Terkenal Tentu Saja Akan Terasa Lebih Menarik Dibandingkan Langsung Memulai Dengan Topik Awal.

3. Menyajikan Data Hasil Riset

Kamu Bisa Mencoba Memaparkan Data Yang Merupakan Hasil Riset Yang Dijamin Keasliannya Apabila Kamu Kurang Suka Mengutip Pernyataan Para Tokoh. Hasil Riset Tersebut Bisa Saja Dari Instansi Resmi Atau Juga Hasil Riset Kamu Sendiri Misalnya Yang Kamu Peroleh Melalui Survei. Pada Dasarnya Manusia Cenderung Mempercayai Data, Sehingga Teknik Ini Bisa Kamu Praktekkan Saat Memulai Presentasi.    

4. Memberi Pertanyaan Terkait Topik Utama

Kamu Bisa Langsung Melibatkan Para Audiens Saat Memulai Presentasi Kamu, Itu Tujuannya Untuk Menciptakan Suasana Diskusi Yang Lebih Komunikatif. Kamu Mengajukan Pertanyaan Kepada Audiens Mengenai Topik Yang Akan Dibawakan.

Kamu Bisa Menghubungkan Kepada Presentasi Kamu Dari Jawaban Para Audiens Kamu. Presentasi Kamu Akan Ampuh, Jika Kamu Langsung Melibatkan Audiens Dan Audiens Akan Bersemangat Mendengarkan Kamu.

5. Sebagai Pengantar Cobalah Bawakan Sepotong Cerita

Dalam Membuka Presentasi, Kamu Bisa Menggunakan Sepenggal Cerita Yang Ada Kaitannya Dengan Topik Yang Akan Kamu Bahas. Sebenarnya Cara Membuka Presentasi Point Ini Sudah Banyak Diterapkan Dalam Seminar Atau Ruang Diskusi Skala Besar.

Kamu Bisa Bercerita Mengenai Pengalaman Pribadi, Karangan Imajinasimu Atau Memang Fakta Yang Ada Di Sekeliling Kamu.

Mengawali Presentasi Dengan Cerita Akan Membawa Para Audiens Ke Dalam Dunia Yang Tengah Kamu Ciptakan, Hasilnya Audiens Akan Lebih Dekat Kepada Topik Yang Akan Kamu Bawakan.

Nah, Itulah Beberapa Teknik Pembuka Presentasi Yang Bisa Kamu Pilih Sesuai Pasion Kamu. Semoga Bermanfaat.

 

#GarudaCyber23Desember


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia