Teknologi Baru, Absensi Mahasiswa Cukup Dengan Hp

Teknologi Baru, Absensi Mahasiswa Cukup Dengan Hp

  2018-11-30 14:42:37     Ulti Desi Arni     Dibaca 95 kali

Seiring dengan berkembangnya teknologi, sistem informasi akademik tentu juga semakin maju. Setiap saatnya ada terobosan baru muncul yang memberikan kemudahan kepada para pengguna dengan memanfaatkan teknologi ini.

Berangkat dari kemajuan teknologi yang kian berkembang, Garuda Cyber Indonesia membuat suatu terobosan untuk melakukan absensi mahasiswa cukup dengan menggunakan ponsel atau HP. Seperti yang kita lihat saat ini HP bisa dikatakan suatu hal yang tidak bisa jauh dari jangkauan kita. Karena itulah, GCI membuat absensi online berbasis android.

Absensi Online dari GCI ini sangat membantu kampus dalam mengabsensi dosen maupun mahasiswa secara online melalui sebuah aplikasi android. Menggunakan absensi online ini, tentu saja kampus akan sangat terbantu dalam proses absensi.

Biasanya beberapa kampus para dosennya masih  menggunakan kertas untuk mengabsen mahasiswa alias masih secara manual. Hal itu bisa saja memicu kecurangan ketika absen baik itu si dosen atau si mahasiswa.

Sementara absensi itu adalah hal yang sangat penting sekali, karena absensi bisa dijadikan salah satu syarat untuk melaksanakan ujian akhir semester. Syarat seorang dosen bisa melaksanakan ujian harus mengajar selama 16 kali pertemuan dalam satu semester sedangkan mahasiswa boleh mengikuti ujian jika kehadirannya minimal 75 persen dari total 16 pertemuan dalam satu semester tersebut.

Untuk mencegah akan adanya kecurangan misalnya mahasiswa hanya titip absen kepada temannya atau di dosen malas masuk dan hanya memberi tugas saja tanpa ada pertemuan di kelas, menggunakan absensi online dari Garuda Cyber adalah sebuah tindak yang sangat tepat. Cukup menggunakan HP yang dimiliki si dosen, semua absensi mulai absensi mahasiswa dan absensi si dosen akan langsung terinput otomatis.

Absensi online yang ditawarkan oleh Garuda Cyber ini sangat bagus sekali untuk kampus dalam mengontrol kehadiran dosen, karena aplikasi membaca titik koordinat keberadaan si dosen sehingga dosen tidak dapat berbohong jika tidak berada di kelas.

Selain itu, dengan aplikasi absensi online ini akan mengurangi jam telat dosen masuk kelas. Karena waktu pada absensi online ini sesuai dengan jadwal si dosen. Dosen hanya bisa melakukan absen untuk dirinya 15 menit sebelum jadwal masuk hingga 15 menit dari jadwal masuk.  Maksudnya jika si Dosen A memiliki jadwal masuk Pukul 13:00 wib maka si Dosen A hanya bisa melakukan absensi masuk kelas di jam 12:45 – 13:15 WIB, jika lewat maka Dosen A di anggap tidak masuk kelas.

Sedangkan untuk melakukan absensi kepada mahasiswa dapat dilakukan oleh dosen selama perkuliahan berlangsung. Pada absensi tersebut sudah tersedia data-data mahasiswa yang seharusnya ada di perkuliahannya lengkap dengan foto mahasiswa tersebut, sehingga tidak memungkinkan bahwa mahasiswa akan berlaku curang saat absensi.

Dosen bisa melihat nama dan foto mahasiswa saat melakukan absensi dan bisa memilih apakah mahasiswa hadir, izin, atau alpha. Selain berfungsi untuk absensi mahasiswa dan dosen, aplikasi absensi ini juga bisa membantu dosen jika lupa mengenai materi yang sudah diajarkan karena aplikasi ini meminta dosen untuk memasuki materi yang akan diajarkan.

Menggunakan aplikasi absensi online dari GCI ini tentu saja memiliki ragam manfaat dan kelebihan selain mengurangi resiko kecurangan, aplikasi ini juga bisa menampilkan progres hasil belajar mahasiswa selama mengikuti perkuliahan karena sudah terintegrasi dengan SIAKAD. Selain itu, dosen juga bisa melihat history kehadiran mahasiswa pada pertemuan sebelumnya.

Manfaat menggunakan aplikasi absensi online GCI :

  1. Jadwal perkuliahan terkontrol dengan baik

Karena absensi ini sesuai dengan jadwal kuliah, tentu saja jadwal perkuliahan akan terkontrol dengan baik. Tidak ada lagi namanya mahasiswa menunggu dosen, atau mahasiswa sudah datang namun dosen tidak hadir atau sebaliknya. Kelas perkulihan pun akan lebih teratur, tidak ada lagi namanya kelas bentrok dan lain sebagainya.

  1. Menghindari Resiko Kecurangan

Karena absensi dilakukan secara online tentu saja tidak akan ada lagi namanya kecurangan dalam melakukan absensi baik itu dosen maupun mahasiswa.

  1. Efektif dan Efesien

Proses absensi akan jauh lebih efektif dan efesien, apalagi dosen akan berusaha masuk tepat waktu saat perkuliahan.

  1. Terintegrasi SIAKAD

Absensi online ini terintegrasi langsung dengan SIAKAD atau sistem informasi akademik sehingga mahasiswa dapat melihat sendiri history kehadirannya di SIAKAD.

Semua data yang diinputkan oleh dosen pada aplikasi absensi online ini akan langsung tersimpan otomatis ke dalam SAKAD karena aplikasi ini langsung terintegrasi dengan SIAKAD GCI yang ada di dalam produknya Smart Campus Garuda Cyber.

Absensi online berbasis Android ini adalah solusi cerdas dalam memanajemen baik itu kehadiran dosen maupun mahasiswa. Saat ini sudah ada beberapa kampus yang bermitra dengan Garuda Cyber Indonesia yang menggunakan absensi online ini. Sekarang giliran kampus Anda.

 

#GarudaCyber23November


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia