Estimasi Biaya Membangun Pusat Data SIAKAD

Sistem informasi Akademik atau yang disingkat jadi SIAKAD adalah sistem yang mengelola data akademik kampus. Kampus merespon positif akan keberadaan teknologi dan sistem ini. Beragam kemudahan dan efisien yang ditawarkan oleh SIAKAD menjadi salah satu alasan kenapa minat kampus tinggi akan kehadiran dari SIAKAD ini.

Pihak kampus akan sangat terbantu dan lebih cepat dalam membuat kebijakan-kebijakan karena data-data dikumpulkan melalui satu sistem. Tapi Greader, untuk membangun SIAKAD atau sistem akademik kampus atau sistem kampus membutuhkan data center atau pusat data yang menjadi server dan pondasi dari data tersebut.

Sekurang-kurangnya Greader ada beberapa hal yang dibutuhkan dalam membangun server atau data center dari SIAKAD ini. Seperti Gedung untuk server, komputer server, UPS, pendingin ruangan, genset dan  perangkat untuk kebutuhan jaringan. Untuk menyimpan database minimal dibutuhkan 3 komputer server. Kebutuhan ini belum termasuk sarana-prasarana lainnya yang menunjang kebutuhan server.

Baca Juga : Siakad sinkron Feeder Dikti

Jadi muncul pertanyaan, berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk membangun pusat data atau server akademik ini?

Untuk itu Greader, pada artikel ini kita akan mengupas estimasi atau perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun pusat data atu server untuk SIAKAD.

Investasi Awal

Investasi awal bisa dikatakan butuh biaya yang sangat besar dan juga biaya terbesar dalam membangun pusat data atau server ini. Untuk lebih jelas Greader bisa membaca pembahasan berikut ini estimasi investasi awal dari membangun server atau pusat data.

  1. Data Center atau Pusat Data

Sekurang-kurangnya Greader membutuhkan 3 komputer untuk server dalam membangun data center atau server dari SIAKAD ini. Nah 3 komputer ini akan menjadi server atau jantung dari pusat data. Tiga komputer server ini memiliki perannya masing-masing yang sudah dibagi misalnya berperan tempat penyimpanan database dan backup. Estimasi biaya yang dibutuhkan untuk tiga komputer server ini sekitar Rp. 100 juta.

  1. Gedung

Agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik, data center membutuhkan lahan khusus dan akan lebih baik lagi Greader jika gedung untuk server terpisah dari gedung lain. Untuk menjaga data center atau server tetap beroperasi dengan baik, gedung untuk server atau data server ini juga harus memiliki fasilitas khusus. Dan untuk membangun fasilitas seperti ini Greader diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp. 250 juta

  1. Perangkat pendukung

Untuk membangun data center atau server ini juga membutuhkan komponen lainnya seperti rak untuk server, media penyimpanan tambahan, switch, kabel serta perlengkapan jaringan agar bisa terkoneksi dengan baik. Tidak hanya itu, juga membutuhkan AC atau pendingin ruangan, karena ruangan server harus dalam suhu dingin dan terjaga kalau tidak akan membuat server tidak bekerja maksimal karena CPU akan panas karena bekerja terus menerus sehingga bisa saja berpotensi server meledak atau rusak. Biaya yang dibutuhkan diperkirakan sekitar Rp. 130 juta.

Baca Juga : Input Data Ke PDDIKTI dengan Satu Klik, Ini Caranya

Biaya Bulanan

Nah Greader itu baru saja estimasi untuk investasi awal, dan untuk menjaga data center dan merawat server juga membutuhkan biaya bulanan. Tentu saja agar bisa tetap beroperasi membutuhkan tenaga IT di dalamnya, selain itu listrik dan jaringan internet. Dalam operasional server tiga komponen ini tidak bisa dipisahkan, berbeda dengan investasi awal yang tiga komponen ini membutuhkan dana yang berkelanjutan.

  1. IT Tim

Data center atau server ini harus bekerja selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, alias tidak ada istirahatnya. Untuk itu dibutuhkan Tim IT yang siap mengatasi semua permasalahan yang muncul tiba-tiba dan agar data center atau server ini bisa beroperasi dengan baik. Tidak hanya permasalahan itu, Tim IT juga dibutuhkan untuk menghadapi serangan dari para hacker, dan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk IT Tim ini sekitar Rp. 15 juta tiap bulannya dimana itu terdiri dari 3 orang yang ahli di bidang IT.

  1. Internet

Agar data server itu bisa diakses oleh pengguna atau yang membutuhkan tentu saja harus terhubung dengan internet. Serta membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat karena banyak yang akan mengakses SIAKAD ini. Nag, estimasi untuk internet ini sekitar Rp. 3 juta tiap bulannya

  1. Listrik

Dibutuhkan listrik yang besar untuk bisa menjalankan data center atau server ini. Untuk menjaganya tetap beroperasi, setidaknya dibutuhkan dual power begitu juga dengan cooling water plant dimana untuk menjaga komputer server tetap dalam keadaan dingin. Perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk listrik sekitar Rp 2 juta tiap bulannya.

Jika kita mentotalkan biaya secara keseluruhan untuk investasi awal saja kita membutuhkan biaya sekitar Rp. 480 juta dan ditambah biaya bulanan sekitar Rp. 20 juta tiap bulannya. Nah, bukankah dana total dananya tersebut sangat besar untuk membangun data center atau server.

Sementara tidak semua kampus memiliki kemampuan finansial atau keuangan yang cukup. Namun, jangan khawatir ada solusinya. Apabila tidak sanggup atau finansial tidak memadai untuk membangun server bisa menggunakan sistem informasi atau SIAKAD berbasis cloud seperti yang disediakan oleh Garuda Cyber Indonesia dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Baca Juga : Jual Jasa Aplikasi Siakad Kampus (Sistem Informasi Akademik Kampus)

Garuda Cyber memiliki produk unggulan yaitu Smart Campus dimana di dalamnya ada beberapa sistem untuk kampus yang sudah saling terintegrasi dan salah satunya SIAKAD kampus.

Garuda cyber Indonesia telah memiliki banyak pengalaman sebagai penyedia SIAKAD atau sistem informasi online yang bahkan sudah terintegrasi dengan feeder Dikti. SIAKAD yang dimiliki Garuda Cyber tentu saja sudah saling terintegrasi dengan sistem lainnya.

Garuda Cyber adalah mitra profesional di bidang IT dan siap untuk menjadi mitra kampus anda. Jika saat ini kampus anda tidak mempunyai dana yang banyak untuk membangun sebuah SIAKAD, Garuda Cyber adalah solusinya. Karena selain harga yang terjangkau Garuda Cyber juga memberikan layanan yang terbaik dan siap memenuhi kebutuhan sistem untuk kampus anda.

 

#GarudaCyber23November

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...