Karir Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi

Karir Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi

  2018-11-07 16:53:29     Ulti Desi Arni     Dibaca 22 kali

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu studi yang merangkum berbagai teori yang dapat digunakan dalam berbagai bidang. Sebab itu, lulusan jurusan Ilmu Komunikasi sangat dituntut untuk mampu berinteraksi, baik dengan bahasa verbal maupun nonverbal. Bahkan, harus mampu melakukan komunikasi persuasif.

Dahulu, lulusan Ilmu Komunikasi tidak mendapat banyak kesempatan untuk berkarir di dunia kerja. Namun seiring berkembangnya teknologi dan informasi, lulusan Ilmu Komunikasi belakangan sangat berpeluang untuk bekerja di berbagai bidang.

Terlebih di zaman yang kini serba mengandalkan kekuatan cyber atau internet, berbagai bidang memberi peluang untuk lulusan Ilmu Komunikasi berkarir. Sejumlah bidang yang bisa ditekuni lulusan Ilmu Komunikasi untuk berkarir di antaranya jurnalis atau wartawan, broadcasting, public relations (PR), dan periklanan.

Berikut beberapa bidang yang sangat berpeluang bagi lulusan Ilmu Komunikasi untuk berkarir.

Jurnalistik atau Wartawan

Salah satu bagian dari Ilmu Komunikasi adalah bidang jurnalistik. Jurnalis atau wartawan menjadi bagian paling penting dalam sebuah media pemberitaan. Untuk itu, jurnalis sangat dituntut mampu mengemas sebuah informasi menjadi berita yang layak diterbitkan.

Lulusan Ilmu Komunikasi sangat berpeluang untuk bekerja di bidang jurnalis. Apalagi, jurnalistik menjadi salah satu mata kuliah wajib pada jurusan Ilmu Komunikasi di setiap universitas.

Dengan kemampuan menulis, menyebarkan berita dan kepekaan dengan kondisi di sekitarnya akan membuat kamu menjadi wartawan yang berkualitas.

Public Relations (PR)

Public Relations (PR) yang juga biasa disebut Hubungan Masyarakat (Humas) sangat dibutuhkan dalam setiap perusahaan atau instansi. PR berperan sebagai perwakilan, ketika perusahaan mengalami konflik atau krisis.

Selain itu, PR bertugas untuk menciptakan hubungan antara perusahaan dan seluruh pihak, baik internal maupun eksternal. PR juga harus mampu membangun kepercayaan dengan masyarakat.

Peluang untuk berkarir sebagai PR sangat terbuka lebar untuk lulusan Ilmu Komunikasi. Sebab, seorang PR harus memiliki kemampuan untuk menyampaikan setiap pesan dan informasi dari perusahaan agar sampai dan dapat dipahami masyarakat. Selain itu, beberapa universitas juga menyediakan konsentrasi PR atau Humas. Kamu tertarik?

Presenter

Lulusan Ilmu Komunikasi tentu mampu mengemas sebuah pesan agar saat disampaikan sehingga menarik perhatian masyarakat. Inilah yang harus dikuasai seorang presenter.

Seperti penyiar radio, seorang presenter di televisi sangat diharuskan untuk mampu berbicara secara efektif sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dan dipahami masyarakat. Kemampuan ini membuat lulusan Ilmu Komunikasi sangat berpeluang untuk berkarir sebagai presenter.

Event Organizer

Pada jurusan Ilmu Komunikasi, ada yang namanya mata kuliah Event Organizer (EO). Jangan anggap remeh pekerjaan seorang EO, karena tidak mudah untuk memberikan kesan menarik saat acara tersebut usai digelar.

Jika kamu tertarik untuk berkarir sebagai EO, kamu diharuskan mampu merancang sebuah acara baik itu formal atau non formal sesuai pesan yang ingin disampaikan melalui sebuah konsep acara tersebut. Karena itulah, berkarir di bidang ini sangat cocok untuk lulusan Ilmu Komunikasi.

Periklanan (Advertising)

Di balik iklan yang menarik ada tangan kreatif, terutama dari lulusan Ilmu Komunikasi. Kenapa? Karena hanya lulusan Ilmu Komunikasi yang sangat lihai mempengaruhi masyarakat melalui pesan-pesan yang dikemas dalam sebuah iklan.

Pernahkah kamu tertarik untuk membeli sebuah produk dari iklan yang ditayang di televisi? Sebenarnya, keinginan itu muncul karena adanya pesan persuasif dari sang lulusan Ilmu Komunikasi untuk mempengaruhi kamu melalui iklan yang dikemas semenarik mungkin.

Sebab itu, lulusan Ilmu Komunikasi sangat diterima untuk berkarir di bidang periklanan. Berkarir di bidang periklanan ini, kamu bisa menjadi project leader advertising, media planner, copy writer, dan camera person. Menarik bukan?

Marketing Komunikasi

Marketing memang sangat erat dengan pemasaran. Namun, tidak mudah untuk menarik seseorang untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Untuk itu, dibutuhkan pesan persuasif yang dikemas dalam sebuah strategi komunikasi pemasaran.

Lulusan Ilmu Komunikasi sangat berpeluang untuk bekerja di bidang marketing komunikasi ini. Sebab, hanya lulusan Ilmu Komunikasi yang mengetahui cara untuk menyampaikan pesan, memanfaatkan media sebagai alat penyampai pesan, hingga mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk yang dipasarkan.

Jadi, kamu ingin berkarir di bidang apa?

 

 

Penulis : Vol01-Yl

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia