Teknologi Informasi untuk Pariwisata

Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring perkembangan zaman, Teknologi Informasi telah menyentuh segala aspek kehidupan. Baik Sosial, Ekonomi sampai ke Politik. Tak jarang diantara kita menggunakannya dalam berbagai aspek tersebut. Apalagi dalam pemakaian ponsel. Tak bisa dielakkan lagi bahwa kalangan muda maupun tua umumnya memiliki ponsel, baik hanya sekedar untuk  menelpon, sms atau yang lainnya. Ada lagi fenomena chatting di kalangan kaum muda yang begitu besar walaupun masih dalam taraf “ngobrol ngalor ngidul”.

Teknologi Informasi adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi Informasi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara dan video. Kita mengetahui bahwa Pariwisata adalah suatu kegiatan dalam bentuk perjalanan yang dilakukan seseorang maupun kelompok dengan tujuan rekreasi atau liburan ke sutu tempat yang dianggap sebagai pilihan perjalanan. Dan yang perlu kita ketahui adalah Sektor Pariwisata merupakan salah satu leading sector perekonomian bangsa yang telah ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia.

Teknologi Informasi sangat menunjang perkembangan pariwisata, dengan Teknologi Informasi maka informasi dan komunikasi dapat dilakukan dengan sangat cepat, efisien dan akurat. Contohnya saja adalah dalam penggunaan Software LIBICA, FIDELIO merupakan software Sistem Infromasi Hotel yang dibuat untuk memberikan segala infromasi yang dibutuhkan pada Hotel.

Dalam menghadapi pasar bebas ASEAN pada tahun 2015 di mana dinamika perkembangan dunia pariwisata akan dihadapkan pada kompetisi yang semakin ketat, baik dalam pemasaran maupun pengembangan produk dan diversifikasinya. Promosi melalui media online atau media sosial diyakini sebagai cara paling efektif untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan pariwisata sebuah negara kepada dunia. Media sosial mampu menyebarkan informasi dengan cepat dan daya jangkau yang luar biasa dibandingkan dengan media manapun.

Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna internet naik hingga 7,6. Dan sebagian besar dari wisatawan mengunjungi situs jejaring sosial untuk memilih tujuan liburan berdasarkan rekomendasi dari para pengguna media sosial.

Untuk itu, sebagai pengguna aktif sosial media, kita diharapkan untuk mampu memanfaatkan sosial media dengan cerdas dan baik. Contohnya saja kita juga bisa mempromosikan pariwisata yang ada di daerah atau kampung kita. Sehingga kita juga dapat membantu dan berperan aktif dalam meningkatkan minat wisatawan baik dikanca Nasional maupun Internasional.

Penulis : Cindy Claudia Pitaloka

#Garudacyber08januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...