Sistem Ujian dengan Aplikasi CAT Online

CAT Online

Demi mewujudkan kemandirian serta kemajuan suatu bangsa, pendidikan era modern dan memanfaatkan teknologi digital merupakan suatu kebutuhan yang mutlak yang harus dimiliki oleh perguruan tinggi atau kampus.

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan generasi bangsa agar bisa berfikir sesuai dengan cita-cita negara. Pendidikan akan meningkatkan mutu masyarakatnya tidak hanya semata-mata untuk menghadapi masa depan saja.

Untuk mewujudkan pendidikan yang baik agar melahirkan generasi bangsa yang baik pula maka setiap institusi pendidikan baik itu sekolah dan perguruan tinggi akan melakukan evaluasi kepada peserta didiknya.

Pada umumnya, perguruan tinggi akan melakukan evaluasi terhadap calon mahasiswa yang baru mendaftar sebelum melakukan penerimaan. Hal ini bertujuan untuk menjaga mutu dan standar pendidikan dari perguruan tinggi tersebut. Evaluasi yang diadakan biasanya dalam bentuk ujian tertulis yang dilakukan secara manual. Peserta ujian wajib mengisi lembar jawaban yang telah disediakan. Hasil ujian akan diumumkan satu bulan setelah ujian selesai dilaksanakan.

Kehadiran teknologi merubah persepsi orang-orang mengenai ujian tertulis. Metode ujian seperti ini dianggap menghabiskan banyak biaya karena memerlukan kertas dan alat tulis sebagai medianya. Selain itu, pemeriksaan hasil ujian secara manual juga sudah menuai banyak feedback negatif. Salah satunya adalah pemeriksaan ujian yang dilakukan secara manual memakan waktu yang lama. Pemeriksaan harus dilakukan satu per satu, sehingga semakin banyak peserta ujiannya, maka semakin lama waktu yang diperlukan untuk memeriksa. Rentang waktu yang cukup lama antara pelaksanaan ujian dengan pengumuman hasil juga dapat menimbulkan kecurigaan berbagai pihak. Kekhawatiran bahwa hasil ujian dapat dimanipulasi secara fisik mulai timbul di beberapa pihak.

Untuk menjawab keraguan publik terhadap sistem ujian tertulis, Garuda Cyber Indonesia telah menghadirkan sistem ujian online di dalam sistem Smart Campus yang dinamai dengan Computer Assisted Test (CAT).

CAT ini bisa dikatak sebuah  metode seleksi atau recruitment menggunakan aplikasi serta dengan alat bantu komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar. Melalui CAT, pelaksanaan ujian akan dilakukan secara online dan pemeriksaan hasil dilakukan menggunakan sistem komputer. Oleh karena itu, hasil akan diperoleh secara cepat dan lebih akurat, sehingga hasil ujian dapat diumumkan langsung setelah ujian selesai. Hal ini akan mempersingkat waktu ujian dan juga waktu pemeriksaan.

Resiko peserta melakukan kecurangan seperti mencontek juga dapat dihindari dengan menggunakan CAT. Soal ujian yang ditampilkan untuk setiap murid akan berbeda-beda karena soal ujian disusun secara acak, sehingga peserta akan mengalami kesulitan dalam mencontek jawaban peserta lain.

Kelebihan lain dari penggunaan CAT adalah sistem ujian ini hemat biaya dan ramah lingkungan Pihak penyelenggara ujian tidak perlu mengeluarkan uang untuk mencetak ratusan kertas ujian. Dengan begitu, perguruan tinggi dapat menghemat biaya pengeluaran dan penggunaan kertas pada saat yang bersamaan.

Dengan memanfaatkan CAT dari Garuda Cyber Indonesia tentu saja akan mengurangi tingkat kecurangan terhadap hasul ujian. Sudah banyak kampus atau instansi memanfaatkan Aplikasi CAT dari Garuda Cyber ini. Tidak hanya untuk penerimaan mahasiswa baru saja. CAT dari Garuda Cyber juga bisa digunakan untuk seleksi penerimaan karyawan jika perusahaan ingin melakukan seleksi terlebih dahulu dalam merekruit karyawannya.

Garuda Cyber sudah menjadi mitra banyak kampus dan Instansi dan merupakan konsultan IT yang profesional di bidangnya. Untuk itu kini saatnya kampus atau Instansi anda memanfaatkan sistem CAT dari Garuda Cyber untuk proses seleksi atau ujian.

 

Penulis : Eric

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...