Aplikasi KKN Online

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Periode pelaksanaan KKN biasanya memakan waktu sekitar satu sampai dua bulan dan berlokasi di daerah setingkat desa. Kegiatan KKN merupakan bagian dari pelaksanaan kurikulum pendidikan tinggi yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa program studi ilmu hokum Strata Satu (S1) dengan status intrakurikuler wajib.

Kegiatan KKN bertujuan agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang berharga dengan cara melibatkan diri dalam masyarakat secara langsung. Kemampuan memecahkan masalah mahasiswa akan diuji dari setiap masalah yang mereka temui selama kegiatan KKN berlangsung. Dalam menjalankan kegiatan ini, dibutuhkan rasa tanggung jawab yang besar dari para mahasiswa. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendewasakan mahasiswa, baik dari segi pola pikir, sikap, dan perilaku.

Pada umumnya, proses pendaftaran KKN dilakukan secara manual. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena banyaknya jumlah mahasiswa yang akan mendaftar. Metode pendaftaran seperti ini dapat menimbulkan beberapa masalah seperti formulir pendaftaran yang tercecer, ketidak lengkapan data, serta pengelolaan data yang rumit.

Proses pendaftaran KKN secara manual itu tentu saja membutuhkan waktu dan proses yang lama juga. Karena banyak mahasiswa dalam melakukan pendaftaran KKN, sebab itulah dibutuhkan sebuah aplikasi dalam membantu proses KKN ini seperti Aplikasi KKN Online.

Aplikasi KKN online ini lah yang nantinya mengalokasikan tempat KKN mahasiswa sesuai jumlah mahasiswa yang mendaftar. Mahasiswa cukup login untuk mendaftar dan sistem yang akan menempatkan si mahasiswa sehingga petugas atau panitia yang bertanggung jawab terhadap KKN tidak perlu pusing lagi menempatkan mahasiswa.

Garuda Cyber Indonesia adalah salah satu konsultan IT di Indonesia yang terkenal dengan produk unggulannya yaitu Smart Campus. Garuda Cyber juga hadir memperkenalkan salah satu sistem yang ada di dalam Smart Campus yang dapat menjadi solusi dari permasalahan ini, yaitu sistem Aplikasi KKN Online. Melalui sistem ini, pendaftaran KKN akan dilaksanakan secara online dengan berbasis web.

Metode pendaftaran KKN secara online akan menjadi sangat mudah. Untuk melakukan pendaftaran, mahasiswa tidak perlu repot-repot lagi datang ke tempat pendaftaran. Mahasiswa hanya perlu masuk ke sistem yang telah disediakan dan login dengan menggunakan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) masing-masing sebagai usernamenya. Di dalam situs web KKN Online, telah tersedia form yang harus diisi oleh mahasiswa sebagai kelengkapan pendaftaran. Dengan kemudahan ini, waktu yang dibutuhkan mahasiswa untuk mendaftar akan menjadi lebih singkat.

Pada sistem KKN Online mahasiswa dapat memilih lokasi yang diinginkan berdasarkan Kecamatan, Kabupaten, dan Desa yang diinginkan. Akan tetapi, satu lokasi hanya bisa dipilih maksimal oleh dua orang mahasiswa pada tiap jurusannya. Pemilihan lokasi dibatasi agar mahasiswa dapat menjadi lebih terbuka dan dapat berbaur dengan mahasiswa dari jurusan lainnya. Bila kuota lokasi yang dipilih oleh mahasiswa telah penuh, mahasiswa bisa langsung mengetahuinya dan dapat memilih lokasi lain tanpa harus menunggu lama.

Setelah semua mahasiswa mendaftar, pihak penyelenggara KKN tidak perlu lagi menyusun berkas-berkas pendaftaran, mengecek satu per satu, menentukan lokasi KKN, dan menggabungkannya. Dengan sistem KKN Online ini, data mahasiswa yang mendaftar telah tersusun rapi di dalam sistem. Hal ini akan membuat manajemen data menjadi lebih baik, jelas, dan efisien.

Banyak sekali kemudahan yang akan di dapatkan dengan menggunakan Aplikasi KKN Online dari Garuda Cyber ini. Karena pendidikan yang semakin hari menuntut untuk serba cepat sudah saatnya kampus anda juga beralih memanfaatkan Aplikasi KKN Online untuk pelaksanaan KKN.

 

Penulis : Eric

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...