WhatsApp-Button
Berkenalan dengan ChatBot

Berkenalan dengan ChatBot

  2018-01-26 11:17:39     aknovia     Dibaca 1066 kali

Chatbot atau disebut juga dengan chatterbot adalah sebuah sistem dialog yang diprogram dengan komputer dan dirancang untuk melakukan komunikasi dengan manusia menggunakan suara maupun teks. Salah satu contoh aplikasi chatbot sederhana yang populer adalah SimSimi, yang dengannya pengguna dapat melakukan obrolan ringan dengan sang tokoh virtual bernama Simi. Semakin sering mengobrol dan semakin banyak kosakata yang diberikan, maka Simi akan memberikan respon yang semakin bervariasi.

Chatbot ada dua jenis, yang pertama chatbot yang berfungsi berdasarkan pada aturan-aturan, dan versi yang kedua yaitu yang lebih canggih dengan menggunakan learning machine. Jenis chatbot yang sederhana hanya dapat memberikan respon kepada perintah yang spesifik dan tingkat kecanggihannya disesuaikan dengan aturan yang terprogram padanya. Chatbot yang menggunakan learning machine juga disebut sebagai artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat menghadapi bahasa, tidak hanya sebatas perintah atau commands.

Chatbot ada yang berupa robot untuk chatting pada aplikasi-aplikasi sosial media, yang diprogram secara khusus dalam komputer yang berfungsi sebagai penjawab sapaan di ruang chatting, Oleh karena itu berkenalan dan mengobrol di dunia maya perlu hati-hati, siapa tahu kenalan baru itu adalah chatbot. Beberapa aplikasi sosial media telah menyediakan fitur untuk pengguna yang ingin membuat chatbot ini, salah satunya yaitu aplikasi LINE yang pernah mengadakan kompetisi bot menggunakan [email protected] Messaging API (LINE ChatBot). Dan sekarang telah banyak terdapat akun-akun bot mulai dari akun bot yang bermanfaat sampai dengan bot yang mengganggu. Beberapa contoh jenis bot yang terdapat pada LINE yaitu bot kicker yang mengeluarkan member dari group chat, bot anti kicker, bot autolike dan autokomentar, bot kuis, bot permainan dan lainnya. Ada juga Chatbot berbahaya yang sering digunakan untuk mengisi ruang chatting dengan spam dan iklan yang membuat smartphone menjadi rusak, atau untuk menarik orang mengungkapkan informasi pribadi, seperti nomor rekening bank.

Pada saat ini chattbot sudah banyak digunakan untuk menggantikan fungsi manusia antara lain sebagai command control, customer care, scripting engine, messaging application, virtual assistance, dan domain expert. Bisa jadi di masa yang akan datang dengan teknologi yang lebih canggih salah satunya seperti perkembangan IoT (Internet of thing), handphone atau alat elektronik lainnya bisa saja mampu berinteraksi dengan satu dan lainnya tanpa diperintah ataupun dijalankan oleh pemiliknnya. Dengan kata lain alat-alat tersebut sudah seperti makhluk hidup yang mampu berkomunikasi mandiri.

 

Penulis : Nilna Bilrahmah

#garudacyber11januari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia