Tutorial Membuat Foto Mozaik Dengan Photoshop

Tutorial Membuat Foto Mozaik Dengan Photoshop

  2018-10-11 16:44:29     Ulti Desi Arni     Dibaca 74 kali

Sebelum kita membahas tutorial membuat foto mozaik dengan photoshop ada baiknya Greader tahu dulu apa itu foto mozaik. Mungkin sebagian dari Greader sudah memahaminya atau bahkan sudah pernah melihatnya namun bingung membuatnya seperti apa. Atau memang tidak tahu apa itu sebenarnya foto mozaik.

Foto mozaik itu Greader biasanya foto potret yang tersusun dari beberapa atau banyak foto. Sehingga foto yang awalnya terlihat biasa saja akan terlihat lebih menarik dengan memberikan efek mozaik ini ya Greader.

Untuk membuat foto mozaik ini sendiri Greader sebenarnya banyak aplikasi yang bisa Greader gunakan. Namun, kali ini kita akan membahas membuat Mozaik menggunakan aplikasi Photoshop. Kenapa menggunakan photoshop? Karena dengan photoshop terasa lebih fleksibel dalam mengatur foto sekaligus ukuran patern mozaiknya Greader.

Berikut ini Greader kita bahas tutorial membuat foto mozaik dengan Photoshop :

  1. Langkah pertama yang harus Greader lakukan yaitu menyiapkan foto sebanyak-banyak yang berbeda minimal 10 buah untuk Pattern Mozaik
  2. Langkah kedua yaitu membuat dokumen baru untuk Pattern dengan cara pilih menu "File --> New" disini Greader kita contohkan membuat dokumen untuk diisi dengan foto 8×8 dengan width 1500 dan height 1500 pixels dengan nama dokumen “Pattern”.

 

  1. Langkah selanjutnya Greader yaitu membuat Guide dimana Tujuan dari Guiede ini adalah mempermudah dalam meletakkan foto kita pada patern. Guide yang harus dibuat ada dua yaitu Guide Vertikal dan Horizontal.

a. Guide Vertical

Caranya pilih menu ViewàNew Guide dan pilih radio button vertical dan isi 12,5% pada position lalu ok. Makan akan terlihat garis seperti gambar dibawah ini. 

Ulangi langkah tersebut hingga membentuk Guide sebanyak 7 buah namun dengan Position yang terus naik misalnya setelah 12,5% yaitu, 25%, 37,5%, 50%, 62,5%, 75% dan terakhir 87,5%. Setelah selesai membuat Guide maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini Greader:

b. Guiede Horizontal

Caranya hampir sama dengan membuat Guide Vertical yaitu klik menu View àNew Guide namun memilih radio button Horizontal dan mengisikan position sama dengan vertical dimulai dari 12,5 % hingga 87,5 %. Setelah selesai membuat Guide maka hasilnya akan seperti ini :

Sekedar informasi ya Greader tujuan dari pembuatan Guide ini agar mempermudah Greader dalam meletakkan foto pada Patern nantinya.

  1. Setelah membuat Guide langkah selanjutnya yaitu masukan foto pertama dengan cara pilih menu File àPlace, browse lokasi foto Greader, klik foto kemudian klik tombol Place. Setelah itu akan terbentuk smart object untuk foto tersebut. Sambil menekan tombol keyboard Shift Greader atur posisi foto tersebut pada kotak guide pertama. Jika sudah selesai tekan tombol enter.

 

Gunakan pada kotak pertama menggunakan Rectangular Marquee Tool  untuk menyeleksi gambar kemudian tekan CTRL + J. Setelah itu terbentuk sebuah layer baru dan Greader bisa menghapus smart object foto.

  1. Ulangilah langkah tersebut hingga semua Guide dipenuhi oleh semua foto, seperti yang terlihat dibawah ini Greader.

 

  1. Langkah selanjutnya Greader yaitu Define Patern Mozaik dengan cara pilih menu "Edit --> Define Pattern". Disini kita beri nama Mozaik pada kolom Name dan klik OK. Sekarang Greader bisa menyimpan dan menutup dokumen Pattern.PSD yang Greader buat.

 

  1. Langkah selanjutnya, bukalah file foto yang ingin Greader buat efek mozaik dengan cara klik menu "File  --> open" dan pilih fotonya, setelah itu buatlah layer baru dengan mengklik tombol Create a new layer di bagian bawah layer panel.

 

  1. Klik Layer 1 untuk memastikannya sebagai layer aktif, setelah itu greader pilih menu "Edit --> Fill" . Pada menu drop down Use, pilih Pattern. Pada Custom Pattern, pilih pattern mozaik yang sebelumnya telah Greader buat. Klik tombol OK.

 

  1. Desaturate Layer 1 tersebut Greader dengan memilih menu "Image --> Adjustments --> Desaturate ". Setelah itu Greader Ubah blend mode ke Overlay dan atur opacitynya Greader jika diperlukan. Sampai disini telah selesai efek foto mozaik Greader

 

  1. Untuk hasilnya bisa terlihat seperti gambar di bawah ini Greader.


Itulah tutorial atau cara membuat foto mozaik dengan Photoshop, silahkan Greader coba dan semoga bermanfaat.

 

#GarudaCyber23Oktober


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia